Pengertian Memo dan Contoh Memo | Apa itu memo? Secara sederhana,
pengertian memo atau memorandum adalah pesan singkat yang berisi saran, arahan, atau penjelasan tentang suatu hal. Dalam pengertian yang lebih lengkap, memo adalah surat yang digunakan oleh pimpinan untuk menyampaikan pesan singkat berupa permintaan, pemberitahuan, atau hal-hal lain kepada bawahan dalam suatu instansi atau
organisasi. Komponen penting dalam sebuah memo mencakup
kepada siapa memo tersebut ditujukan,
dari siapa, tentang apa, dan tanggal pembuatan/penulisan memo. Umumnya, penyampaian memo dan nota berasal dari pimpinan kepada pimpinan yang lain (sederajat), atau dari pimpinan kepada pegawai atau karyawan.
Pada umumnya memo ditulis dengan singkat sederhana dengan
bahasa yang cepat mudah dipahami. Memo
biasanya hanya berlaku untuk komunikasi secara intern dan dibuat dalam keadaan terpaksa sehingga kadang-kadang penulisan memorandum hanya ditulis dengan tulisan tangan tanpa nomor dan cap instansi dan prosesnya di luar prosedur yang ada.
Perhatikan
contoh memo berikut ini:
Contoh memo:PT Zakapedia
Jl. Bungung Barania No. 34 Bantaeng
Dari: Direktur
Kepada: Manajer Keuangan
Memorandum
Tolong siapkan laporan keuangan terakhir untuk bahan rapat tanggal 1 Februari 2015.
Bantaeng, 27 Januari 2015
(tanda tangan)
Nur Afdan
Sekian uraian tentang Pengertian Memo dan Contoh Memo, semoga bermanfaat.