Advertensi merupakan periklanan yang diperlukan untuk memasarkan sebuah produk karena berhubungan dengan usaha perusahaan untuk memikat dan menarik konsumen agar mereka mau melakukan pembelian produknya. Media advertensi bisa lewat televisi, radion, majalah, surat kabar, dan sebagainya. Advertensi dapat dibedakan menjadi berikut.
1. Advertensi cetak, berupa iklan pada surat kabar atau majalah.
2.
Advertensi elektronik, berupa iklan melalui siaran radio dan televisi.
3. Transit advertising, berupa buletin, poster, stiker, dan lain-lain.
4. Kiriman langsung, berupa barang cetakan yang dikirim langsung dengan pos kepada calon pembeli.
5. Advertensi khusus, yaitu segala macam barang berupa hadiah atau pemberian secara Cuma-Cuma.
6. Advertensi di luar rumah, berupa papan reklame.
Syarat advertensi yang baik sebagai berikut.
1. Harus bisa mendapatkan perhatian dari konsumen.
2. Harus dapat menarik konsumen.
3. Harus menimbulkan keinginan membeli dari konsumen.
Berikut hal-hal yang perlu diperhatikan oleh perusahaan dalam memilih advertensi.
1. Biaya.
2. Produk.
3. Pesan.
4. Sifat media yang dituju.
Adapun fungsi advertensi, sebagai berikut.
1. Informative, artinya menginformasikan khalayak/ konsumen mengenai suatu produk.
2. Persuading, artinya memengaruhi khalayak/ konsumen untuk melakukan pembelian.
3. Reminding, artinya mengingatkan kembali informasi yang diterima khalayak/ konsumen.
4. Entertainment, artinya menciptakan suasana yang menyenangkan sewaktu konsumen menerima dan mencerna informasi.
Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang
Pengertian Advertensi, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat.