Personal selling adalah penyajian barang secara lisan dan bertatap muka kepada satu atau lebih calon pembeli, dengan tujuan agar barang yang ditawarkan dapat terjual.
Berikut beberapa alasan personal selling sangat penting bagi perusahaan.
1. Menciptakan kepercayaan.
Tatap muka langsung antara pembeli dan penjual akan menambah kepercayaan pembeli terhadap barang yang ditawarkan.
2. Peragaan
Personal selling sangat diperlukan untuk memperagakan barang yang baru keluar dan belum dikenal konsumen.
3. Pembelian yang sifatnya sekali.
Personal selling digunakan untuk mengatasi pembelian produk yang sifatnya hanya seklai saja.
4. Produk yang mempunyai nilai per unit sangat tinggi.
Personal selling dapat memasarkan produk yang mempunyai nilai tinggi, seperti mobil, kamera, perumahan, dan sebagainya.
5. Produk yang didesain sesuai dengan kebutuhan.
Personal selling dapat menjual jenis-jenis barang yang bentuk, warna maupun ukuran disesuaikan dengan permintaan
konsumen, seperti baju, tas, sepatu dan sebagainya.
Berikut ciri-ciri personal selling
1. Adanya hubungan yang akrab.
2. Adanya hubungan langsung.
3. Adanya tanggapan.
Berikut tugas dari personal selling.
1. Dapat menyakinkan dan menimbulkan kepercayaan konsumen.
2. Menciptakan komunikasi yang baik kepada pelanggan.
3. Memberikan informasi selengkap-lengkapnya mengenai suatu produk.
Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang
Pengertian Personal selling, semoga penjelasan tersebut dapat bermanfaat buat kita.