Sales Promotion adalah segala kegiatan pemasaran selain personal selling,
advertensi, dan publicity untuk merangsang pembelian barang perusahaan. Promosi ini lebih fleksibel karena dapat dilakukan setiap saat dengan biaya yang tersedia, bersifat jangka pendek, dan bertujuan untuk mendorong lebih kuat serta mempercepat respons pasar yang ditargetkan. Berikut alat-alat yang digunakan dalam sales promotion.
1. Contoh/ sample.
2. Kupon/ voucher.
3. Premi.
4. Tawaran uang kembali.
5. Promosi dagang.
6. Pemanjangan di tempat penjualan.
7. Pameran dagang.
8. Kontes.
9. Undian.
Berikut sifat-sifat dari sales promotion/ promosi penjualan.
1. Komunikasi, artinya menarik perhatian dan memberi informasi yang memperkenalkan konsumen kepada suatu produk.
2. Insentif, artinya memberikan keistimewaan dan rangsangan yang bernilai kepada konsumen.
3. Undangan, artinya mengundang konsumen untuk membeli produk saat itu juga.
Itulah penjelasan yang bisa saya berikan tentang
Pengertian yang dimaksud Sales Promotion, semoga dapat bermanfaat.